Minggu, 31 Oktober 2010

PENGERTIAN DAN KONSEP PEMASARAN

universitas gunadarma
PENGERTIAN DAN KONSEP PEMASARAN

Pengertian Pemasaran
Pemasaran dan produksi merupakan fungsi pokok bagi Semua perusahaan berusaha meniproduksi dan memasarkan jasa untuk memenuhi kebuluhan konsumen. Kenyataannya., pemasaran merupaka konsep yang menyeluruh, sedangkan istilah yang lain tersebut hariya merupakan satu bagian, satu kegiatan dalam sistem pemasaran secara kese1uruhan. Jadi pemasaran merupakan keseluruhan dari pengertian tentang :
-penjualan
-perdagangan
-disiribusi
Pemasaran adalah sistem keseluruhan dari kegiatan usaha yang ditujukan untuk ,merencanakan, memerlukan, harga, mempromosikan, dan mendistribusikan barang dan jasa yang dapat memuaskan kebutuhan kepada petnbeli yang ada maupun pernbeli potensial
Keputusan-keputusan dalam pemasaran harus dibuat untuk menentukan produk dan pasarnya, harganya, dan prornosinya. Kegiatan pemasaran tidak bermula pada saat selesainya proses produksi, juga tidak berakhir pada saat penjudan dilakukan. Perusahaan harus dapat memberikan kepuasan kepada konsumen jika mengharapkan usahanya dapat berjdan terus, atau konsumen mempunyai pandangan yang baik terhadap perusahaan. Jadi, jaminan yang baik atas barang dan jasa dapat dilakukan sesudah penjudan.

Penciptaan Faedah Bagi Konsumen
Pemasaran adalah termasuk salah satu kegiatan dalam perekonomian dan membantu dalam penciptaan nilai ekonomi. Sedangkan nilai ekonorni itu sendiri akan menentukan harga barang dan jasa bagi individu-individu . Selain pemasaran, kegiatan lain yang dapat menciptakan nilai ekonomi adalah :

- Produksi yang membuat barang-barang.
- Konsumsi yag menggunakan barang-barang tersebut.
Dalam hal ni pemasaran berada di antara produksi dan konsumsi, ini berarti bahwa pemasaran menjadi penghubung antara kedua faktor tersebut. Dalam kondisi perekonomian seperti sekarang ini , tanpa adanya pemasaran orang sulit mencapai tujuan konsumsi yang memuaskan. Penjual berada di pihak yang menjdankan kegiatan pemasaran (juga kegiatan produksi) dan pembeli berada pacla titik konsumsi. Oleh karena itu perusahaan harus dapat menciptakan faedah (utility) bagi konsumen. Faedah (utility) adala hkekuatan dari suatu produk atau jasa unutk memuaskan kebutuhan. Perusahaan dapat menciptakan. lima macam faedah, yakni : (1) faedah bentuk (form utility), (2) faedah waktu (time utility), (3) faedah tempat (place utility), (4) faedah milik (ownership utility), dan (5) faedah informasi (information utility)

1. Faedah Waktu
Faedah waktu dapat diciptakan dengan menyediakan produk pada saat konsurnen membutuhkan untuk membelinya. mi memenlukan suatu riset pemasaran untuk menentukan jenis produk apakah yang diinginkan oleh konsumen pada suatu saat. Jadi produk yang ditawarkan han elalu siap pada saat diperlukan oleh konsumen.
2. Faedah Tempat
Faedah tempat merupakan faedah yang diciprakan dengan menyediakan produk pada tempal yang strategis apabila konsumen ingin membelinya, Jadi, penjual berusaha untuk rnenentukan lokasi persediaan produknya sedekat mungkin dengan konsumen.
3. Faedah Milik
Faedah milik diciptakan dengan mempersiapkan pemindahan hak milik dan penjual kepada pembeli. Pada prinsipnya, transaksi jua]-belj yang dilakukan oleh penjual dan pembeli sudah dapat menciptakan faedah rnilik meskipun secara fisik produknya beluni berada di tangan pembeli.
4. Faedah Informasi
Faedah informasj diciptakan clengan mmberikarn informasi tentang penawaran suatu produk kepada konsumen. Jadi, konsumen akan lebih mernahami tentang produk yang ditawarkan oleh perusahaan sehingga lebib mudah dalam mengambil keputusan untuk mernbelinya. Dalam kegiatan pemasaran, pemberian informasi tersebut dapat dilakukan dengan mengadakan promosi.

Konsep Pemasaran
Konsep pemasaran (marketing concept) merupakan falsafah perusahaan yang menyatakan bahwa pemasaran keinginan pembeli adalah syarat utama bagi kelangsungan hidup perusahaan. Segala kegiatan perusahaan di bidang produksi, teknik, keuangan, dan pemasaran diarahkan pada usaha untuk mengetahui keinginan pembeli dan kemudian memuaskan keinginan tersebut dengan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar