1.
Pengertian Akuntansi
Akuntansi
(Accounting, Accountancy) yaitu pencatatan, pelaporan-dari kegiatan-dan
perakunan. Account adalah laporan/ perkiraan (Dari Kamus Inggris- Indonesia
John M. Echol and Hasan).
Akuntansi
adalah proses mengidentifikasi, mengukur dan melaporkan informasi ekonomi dalam
suatu perusahan, sehingga memungkinkan adanya penilaian dan pengambilan
keputusan bagi mereka yang menggunakan informasi tersebut (Rumusan AAA-Amirican
Acounting Association).
Rumusan
AAA tersebut mengandung pengertian :
-
Kegiatan (Activity) akuntansi yaitu
proses yang terdiri dari atas identifikasi, pengukuran dan pelaporan informasi
ekonomi.
-
Kegunaan (Funtion) informasi yang
dihasilkan oleh akuntan diharapkan berguna bagi pemakai dalam penilaian dan
pengambilan keputusan.
2. Persamaan Dasar Akuntansi
Persamaan dasar akuntansi adalah rumus dasar
tentang akuntansi yang secara matemaris dapat dirumuskan sebagai berikut :
H = U + M
H
= U
H
= M
H
= Harta, yaitu semua milik (Kekayaan) dari suatu perusahaan.
U
= Utang, yaitu kewajiban perusahaan terhadap pihak lain.
M
= Modal, yaitu hak pemilik perusahaan.
Rumus lain :
H
+ B = U + M + P
B
= Biaya, pengorbanan untuk memperoleh penghasilan
P
= Pendapatan, adalah bertambahnya aktiva perusahaan.
Harta
bersaldo normal di debet (bertambah) dan jika di kredit berkurang, sedangkan
pendapatan bersaldo normal di kredit (bertambah) dan jika di debet berkurang,
biaya mengurangi modal sedangkan pendapatan menambah modal.
3.
Siklus Akuntansi
Tahapan-tahapan
Akuntansi
Proses
akuntansi terdiri dari
tahapan-tahapan sebagai berikut :
-
TAHAPAN PENCATATAN
1. Analisa
bukti transaksi
2. Membuat
jurnal
3. Posting
ke buku besar
-
TAHAPAN PENGIKHTISARAN
1. Membuat
Neraca saldo
2. Membuat
jurnal penyesuaian
3. Menyusun
neraca lajur
4. Menyusun
laporan keuangan
5. Membuat
jurnal penutup
6. Menutup
buku besar dan membuat neraca saldo penutupan
7. Membuat
jurnal pembalik
-
TAHAPAN PELAPORAN
Yaitu
menyajikan laporan keuangan perusahaan yang umumnya meliputi :
1. Neraca
(Balance Sheet)
2. Laporan
Rugi/ Laba (Income Statement)
3. Laporan
Perubahan Modal (Capital Statement)
4. Jurnal
Pengertian Jurnal
Jurnal
adalah : catatan-catatan tentang perkiraan yang akan didebet dan dikredit dan
jumlahnya serta keterangan penjelas.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar