Minggu, 11 Mei 2014

Menceritakan Tentang Akuntansi


1.        Pengertian Akuntansi
Akuntansi (Accounting, Accountancy) yaitu pencatatan, pelaporan-dari kegiatan-dan perakunan. Account adalah laporan/ perkiraan (Dari Kamus Inggris- Indonesia John M. Echol and Hasan).
Akuntansi adalah proses mengidentifikasi, mengukur dan melaporkan informasi ekonomi dalam suatu perusahan, sehingga memungkinkan adanya penilaian dan pengambilan keputusan bagi mereka yang menggunakan informasi tersebut (Rumusan AAA-Amirican Acounting Association).
Rumusan AAA tersebut mengandung pengertian :   
-          Kegiatan (Activity) akuntansi yaitu proses yang terdiri dari atas identifikasi, pengukuran dan pelaporan informasi ekonomi.
-          Kegunaan (Funtion) informasi yang dihasilkan oleh akuntan diharapkan berguna bagi pemakai dalam penilaian dan pengambilan keputusan.

2.  Persamaan Dasar Akuntansi
 Persamaan dasar akuntansi adalah rumus dasar tentang akuntansi yang secara matemaris dapat dirumuskan sebagai berikut :
 H = U + M                      
H = U                  
H = M
H = Harta, yaitu semua milik (Kekayaan) dari suatu perusahaan.
U = Utang, yaitu kewajiban perusahaan terhadap pihak lain.
M = Modal, yaitu hak pemilik perusahaan.    
 Rumus lain :
H + B = U + M + P
B = Biaya, pengorbanan untuk memperoleh penghasilan
P = Pendapatan, adalah bertambahnya aktiva perusahaan.
Harta bersaldo normal di debet (bertambah) dan jika di kredit berkurang, sedangkan pendapatan bersaldo normal di kredit (bertambah) dan jika di debet berkurang, biaya mengurangi modal sedangkan pendapatan menambah modal.
3.        Siklus Akuntansi
Tahapan-tahapan Akuntansi
Proses akuntansi terdiri dari  tahapan-tahapan  sebagai berikut :
-            TAHAPAN PENCATATAN
1.      Analisa bukti transaksi
2.      Membuat jurnal
3.      Posting ke buku besar
-            TAHAPAN PENGIKHTISARAN
1.      Membuat Neraca saldo
2.      Membuat jurnal penyesuaian
3.      Menyusun neraca lajur
4.      Menyusun laporan keuangan
5.      Membuat jurnal penutup
6.      Menutup buku besar dan membuat neraca saldo penutupan
7.      Membuat jurnal pembalik
-            TAHAPAN PELAPORAN
Yaitu menyajikan laporan keuangan perusahaan yang umumnya meliputi :
1.      Neraca (Balance Sheet)
2.      Laporan Rugi/ Laba (Income Statement)
3.      Laporan Perubahan Modal (Capital Statement)
4.   Jurnal
Pengertian  Jurnal
Jurnal adalah : catatan-catatan tentang perkiraan yang akan didebet dan dikredit dan jumlahnya serta keterangan penjelas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar